cara membuka akses google drive
cara membuka akses google drive

4 Cara Membuka Akses Google Drive Dengan Mudah

Google Drive adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan Google terintegrasi dengan layanan Google Mail sebagai media penyimpanan data secara digital berbasis website. Pengguna dapat menyimpan segala file disini dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa harus khawatir kehilangan file tersebut. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara membuka akses Google Drive:

1. Membuka Akses Untuk Publik

Ulasan yang pertama akan membahas cara membuka akses Google Drive untuk publik. Cara berikut berfungsi agar file atau folder yang dibagikan dapat diakses oleh pengguna lain. Pertama pengguna perlu masuk ke Google Drive dan mencari file atau folder yang ingin dibagikan. Biasanya akan terdapat folder My Drive yang berisi file dan folder pribadi pengguna yang telah dibuat.

Selanjutnya klik kanan pada file tersebut . Pilih menu bagikan atau gambar rantai. Akan muncul pop up pengaturan untuk membuka hak akses bagi pengguna lain terhadap file yang akan dibagikan. Pengguna dapat menambahkan email tujuan kepada siapa atau kelompok mana file tersebut akan dibagikan. Selanjutnya link dapat dibagikan agar pengguna lain dapat mengakses file tersebut.

2. Membuka Akses Melalui Link

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melalui link. Secara umum sama dengan cara yang pertama. Pengguna perlu masuk ke Google Drive dan memilih file yang ingin dibagikan. Perbedaannya disini tidak dapat menambahkan daftar nama pengguna atau kelompok lain. Pengguna akan memperoleh link dari file yang akan dibagikan kepada pengguna lain. Link tersebut dapat ditempel di aplikasi lain.

Lainnya :   7 Aplikasi Canggih Android yang Tidak Ada di PlayStore Terbaik

Ketika ingin membuka file yang dibagikan hanya perlu membuka link yang telah dibagikan pada kolom URL browser. Bisa dengan cara klik langsung link tersebut atau menyalin dan menempelkan di bagian kolom pencarian. Nantinya secara otomatis akan diarahkan kepada Google Drive dengan berisi file atau folder yang telah dibagikan.

3. Membuka Akses Untuk Orang Tertentu

Pada cara ketiga ini dapat digunakan apabila ingin membagikan file kepada pengguna dengan kriteria tertentu. Misalnya file atau folder tersebut hanya dapat diakses khusus oleh pegawai dari perusahaan tertentu atau mahasiswa universitas tertentu yang memiliki email khusus. Jika pengguna lain mengakses menggunakan email yang tidak sesuai maka akan meminta akses kepada pengguna utama.

Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu mencari file lalu klik kanan. Pilih menu Bagikan lalu akan terdapat pengaturan akses pada bagian bawah. Ada 3 pilihan yang biasanya disediakan seperti restricted, email khusus, dan anyone with this link. Pengguna dapat memilih menu yang kedua dengan memasukkan email khusus yang dapat mengakses file tersebut nantinya.

4. Membuka Akses Melalui Email

Penjelasan cara ini lebih detail dari yang pertama. Ketika pengguna ingin membagikan suatu file, pengguna dapat menambahkan email dari pengguna lain. Selanjutnya dapat diatur hak akses yang diberikan apakah pengguna lain hanya dapat membaca file saja, memberikan komen saja, atau dapat mengedit file. Dapat juga dituliskan pesan singkat atau keterangan mengenai file yang dibagikan.

Pesan tersebut dapat dibaca oleh pengguna yang menerima email notifikasi mengenai file apa yang dibagikan. Selanjutnya tinggal klik tombol kirim untuk membagikan file. Pengguna dapat langsung mengakses atau masuk ke folder Drive melalui email. Pengguna tidak perlu khawatir meskipun mengirim akses melalui email. Hal tersebut tingkat keamanan yang diberikan sudah terjamin.

Lainnya :   Kenali Penyebab Laptop Overheat dan Cara Mengatasinya

Demikian penjelasan mengenai cara membuka akses Google Drive yang dapat dipraktekkan dengan mudah. Hak akses merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Guna menjaga keamanan file dan mempermudah dalam pengelolaan file secara bersama. Tentu masih ada acara lain yang dapat digunakan ketika ingin membuka akses file atau folder Google Drive kepada orang lain.