cara mengatasi hardisk bad sector
cara mengatasi hardisk bad sector

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Terbaru 2022

Laptop atau komputer terdiri dari berbagai komponen yang berguna untuk menunjang aktivitas di dalamnya. Salah satu komponen pentingnya adalah harddisk. Perangkat ini sendiri tidak lepas dari kerusakan seperti bad sector. Tidak perlu cemas, ada cara mengatasi hardisk bad sector yang dapat dipelajari dan diterapkan pada harddisk yang rusak.

Jika bad sector didiamkan, pengguna berisiko kehilangan data di dalam harddisk tersebut. Kerusakan bad sector menyebabkan perintah membaca atau menulis tidak dapat direspon. Sayangnya, bad sector yang terjadi karena kerusakan fisik tidak dapat diperbaiki. Sementara jika kerusakan bad sector dari software, harddisk masih dapat diselamatkan.

Penyebab Terjadinya Bad Sector

Masalah bad sector dapat muncul pada harddisk berjenis solid-state drives atau magnetis. Penyebabnya pun bermacam-macam. Jika kerusakan berasal dari fisik, maka disebut dengan hard bad sector. Bad sector yang berasal dari fisik seperti harddisk terjatuh, adanya debu yang masuk, dan masalah fisik lainnya tidak dapat diperbaiki.

Harddisk juga dapat mengalami hard bad sector ketika head harddisk menyentuh sektor dan merusaknya secara perlahan. Adapun kerusakan kedua berasal dari masalah logic dan disebut dengan soft bad sector. Kerusakan jenis ini dapat diperbaiki dengan penyebab sebagai berikut:

  • Sekumpulan sektor di dalam harddisk tidak berfungsi secara optimal.
  • Adanya software yang error.
  • Sistem operasi perangkat bermasalah.

Perbaiki Bad Sector dengan Mudah

Harddisk yang terkena bad sector jenis soft atau logic dapat diperbaiki dengan fitur yang sudah tersedia pada Windows. Pengguna bisa memanfaatkan Disk Check Tool atau melalui perintah di Command Prompt. Berikut dua cara yang dapat diterapkan:

Lainnya :   Cara Merubah Font di Bio Instagram Dengan Aplikasi dan Situs

1. Menggunakan Disk Check Tool

Tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan, cara mengatasi hardisk bad sector dapat memanfaatkan program yang sudah disediakan oleh Windows. Program ini bernama Disk Check Tool. Penggunaannya terbilang sederhana dan praktis sehingga dapat dengan mudah diikuti. Langkah-langkah memperbaiki hardisk bad sector dengan Disk Check Tool adalah sebagai berikut:

  • Akseslah Windows Explorer melalui menu Start atau pengguna bisa melalui jalan pintas dengan menekan Windows dan E bersamaan melalui keyboard.
  • Klik kanan pada disk yang ingin di cek dan pilih menu “Properties”.
  • Cari tab Tool pada disk yang dipilih dan tekan “Check Now” yang ada di bagian Error Checking.
  • Akan muncul kotak dialog baru yang memiliki dua opsi di dalamnya.
  • Pengguna dapat memberikan tanda centang pada kedua opsi tersebut jika ingin mengecek dan memperbaiki kerusakan bad sector secara menyeluruh.
  • Jika sudah, tekan tombol “Start” agar proses dimulai.
  • Lamanya pengecekan sekaligus perbaikan tergantung berapa besar dan banyak data harddisk yang dipilih.

2. Memanfaatkan Perintah dari Command Prompt

Tools bawaan Windows lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi bad sector adalah Command Prompt atau CMD. Program ini kerap kali dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai error sistem dengan memberikan perintah. Atasi bad sector logical melalui perintah Command Prompt dengan langkah berikut:

  • Buka program Command Prompt melalui menu Start.
  • Pada ikon Command Prompt, klik kanan lalu klik pada “Run as Administrator”.
  • Ketikkan perintah “CHKDSK /R /F D:” tanpa tanda petik di jendela CMD yang telah terbuka.
  • Mulai prosesnya dengan menekan Enter.
  • Besar kecilnya kapasitas dari hardisk akan mempengaruhi waktu perbaikan bad sector.
Lainnya :   Ikuti 2 Cara Ganti ROM Xiaomi Ini, Mudah dan Tanpa Perlu PC

Demikian penyebab dan cara mengatasi hardisk bad sector dari segi logical. Sebelum menggunakan cara di atas, pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu apakah bad sector yang terjadi karena masalah fisik atau software. Jika ternyata penyebabnya berasal dari kerusakan fisik, tentunya cara di atas akan sia-sia. Maka dari itu, harddisk haruslah dijaga karena rawan mengalami kerusakan.