cara merubah jadwal tiket kereta api secara online
cara merubah jadwal tiket kereta api secara online

Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online, Sudah Tau?

Kereta api memang menjadi pilihan alat transportasi yang murah dan cepat. Selain itu, terkait jadwalnya juga bisa dikatakan sangat tepat waktu. Jadi, tidak mengherankan banyak orang memilihnya sebagai alat transportasi umum andalan. Namun bagaimana jika sudah membeli tiket tetapi salah jadwal? Apakah bisa dirubah?.Berikut ulasan mengenai cara merubah jadwal tiket kereta api secara online dan ketentuan untuk melakukan perubahan tersebut simak disini:

Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online 

Jika dulu aktivitas dalam pembelian dan pembatalan dilakukan di loket KAI. Maka saat ini segala hal yang berkaitan dengan pembelian hingga pembatalan tiket di KAI dilakukan secara online, termasuk juga saat hendak merubah jadwal. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang akhirnya memutuskan untuk merubah jadwalnya, namun jangan khawatir pengguna KAI bisa merubah jadwalnya dengan cara ini:

1. Login KAI Akses

Sebagai  cara merubah jadwal tiket kereta api secara online yang mudah bisa dilakukan dengan langkah pertama yaitu login aplikasi resmi dari KAI Akses. Pastikan pengguna telah memiliki akunnya, dan masuk dengan nama akun dan password yang sesuai. Pasalnya akun KAI memang sifatnya personal. Jika sudah sesuai maka sistem akan mengarahkan pada layar utama.

2. Masuk Pada Bagian Menu Tiket

Selanjutnya adalah dengan masuk pada bagian menu tiket. Ada dua opsi di sana pertama tiket aktif dan kedua menunggu. Tiket aktif adalah tiket yang telah dibayar, dan menunggu adalah tiket yang belum dibayar. 

Lainnya :   Cara Merubah Font di Bio Instagram Dengan Aplikasi dan Situs

Selanjutnya pilih pada bagian kode booking kereta yang hendak diubah jadwalnya.  Lalu klik pada bagian ubah jadwal. Lalu ubah terkait dengan nama penumpang beserta kodenya.

3. Memilih Jadwal Kereta Baru

Setelah itu pengguna bisa memilih jadwal kereta baru sesuai dengan yang diinginkan. Lakukan seperti pembelian sebelumnya, nama kereta, jadwal keberangkatan dan nomor duduk. Lanjut dengan konfirmasi pemesanan dan pembayaran. 

Ketentuan Melakukan Perubahan Jadwal Kereta Api

Setelah mengetahui beberapa cara dalam merubah jadwal KAI. Maka saatnya pengguna transportasi umum ini harus tau apa saja yang menjadi ketentuan dalam perubahan jadwal tersebut. Untuk layanan perubahan jadwal ini sendiri, KAI melayani pembatalan jadwal dengan 3 kondisi utama.

Adapun kondisi yang pertama adalah saat penumpang ingin merubah hari keberangkatan saja namun tetap dengan kereta api yang sama dengan sebelumnya. Kedua jika ingin merubah kereta api, namun pada jam keberangkatan yang sama. Hal ini mungkin saja terjadi saat penumpang salah membeli tiket kereta.  

Dan kondisi yang ketika ketika memang ingin merubah kereta api dan juga jadwal keberangkatan sehingga berbeda dengan sebelumnya. Semua kondisi tersebut akan dilayani perubahannya, namun ada beberapa syarat yang diharuskan kepada penumpangnya.

Pertama adalah terkait dengan terkait waktu pembatalan, harus dilakukan selambat-lambatnya adalah 1 jam atau 60 menit sebelum keberangkatan sesuai dengan jadwal sebelumnya. Misalnya dalam tiket sebelumnya tertera jam keberangkatan adalah 16.00 WIB. Maka jika ingin merubah jadwal kereta api bisa dilakukan maksimal hingga pukul 15.00. 

Perlu diketahui juga jika melakukan pembatalan akan dikenakan biaya 25 % dari harga tiket. Maka apabila harga tiket baru lebih mahal maka pengguna akan membayar selisihnya. Dan jika lebih murah maka pengguna tidak dapat mengambil sisa dana. 

Lainnya :   Inilah 7 Aplikasi Anti Lag PUBG, Ampuh Optimalkan Performa Game

Demikian itu beberapa cara merubah jadwal tiket kereta api secara online. Jadi, saat sudah membeli dan tiba-tiba harus merubah jadwal baik karena ada kerjaan mendadak, atau kesalahan melihat kalender pengguna KAI tidak perlu panik. Cukup lakukan langkah dalam merubah jadwal secara online seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya.