cara membuka icloud yang lupa password dan email
cara membuka icloud yang lupa password dan email

Tidak Tahu Cara Membuka iCloud yang Lupa Password dan Email? Ikuti Langkah Ini!

Cara membuka iCloud yang lupa password dan email pada iPhone memang sering dicari oleh banyak orang. Pasalnya, iCloud merupakan perangkat paling penting yang terdapat pada iPhone. Apabila pemilik lupa terhadap kata sandi dan email yang terhubung dengan iCloud, maka dapat dipastikan data pada iCloud tidak bisa diakses.

Namun tidak perlu khawatir, beberapa cara berikut bisa dicoba pengguna untuk membuka iCloud meskipun lupa password dan email yang terhubung. Dengan menggunakan beberapa cara ini, data yang tersimpan pada iCloud akan tetap aman dan bisa diakses. Berikut penjelasan lengkapnya:

Kenali Fungsi iCloud

Sebelum mengetahui cara membuka iCloud yang lupa password dan email, sebaiknya kenali dulu seberapa fungsi iCloud pada iPhone. Seperti yang telah dibahas pada pembuka, iCloud merupakan perangkat penting pada iPhone. Pada awal mula iPhone digunakan, tentu pengguna harus memasukkan email agar data dapat disimpan pada iCloud.

Meskipun dapat menyimpan data, namun iCloud dapat berfungsi untuk melakukan sinkronisasi pada data yang telah tersimpan di gawai. Melalui iCloud, pengguna juga bisa membuka data yang telah tersimpan meskipun gawai yang digunakan berbeda. Namun cara ini hanya bisa dipakai apabila gawai tersebut merupakan keluaran perusahaan Apple.

Dua Cara untuk Membuka iCloud

Setelah mengetahui apa saja fungsi iCloud, selanjutnya ketahui bagaimana cara membuka iCloud yang lupa password dan email. Hal berikut bisa dipraktekkan oleh pemilik akun iCloud:

1. Gunakan Apple Standar

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pemilik iCloud yaitu menggunakan cara yang mudah. Untuk melakukan cara ini, tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan. Adapun langkah yang harus dilakukan pemilik iCloud adalah:

  • Buka menu “ID Apple Saya” yang tersedia pada ponsel.
  • Kemudian klik sub menu “Atur Ulang Kata Sandi”.
  • Selanjutnya, masukkan ID yang digunakan pada ponsel tersebut. Lalu klik “Lupa Apple ID Saya”.
  • Pengguna akan disediakan tiga menu pilihan untuk membuka iCloud.
  • Apabila pengguna ingin membuka iCloud yang lupa email dan password, pilih menu “Autentikasi Dua Langkah” atau “Jawab Pertanyaan Keamanan”.
  • Pada menu “Autentikasi Dua Langkah”, pengguna wajib mengisi nomor telepon orang lain yang nantinya akan mendapat pesan mengenai kode.
  • Sedangkan pada menu “Jawab Pertanyaan Keamanan”, pengguna akan diminta menjawab berbagai pertanyaan yang pernah dipilih oleh pengguna.
Lainnya :   7 Rekomendasi Aplikasi untuk Memperjelas Foto yang Buram

2. Lakukan Unlock Pada IMEI

Untuk melakukan cara kedua, pengguna harus melakukan pembayaran agar proses unlock IMEI bisa tetap dilakukan. Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal apabila dibanding dengan data yang dimiliki. Namun sebelum melakukan cara ini, pastikan iPhone telah memiliki IMEI yang tercantum pada bagian box ponsel. Berikut langkahnya:

  • Buka laman “Unlock for Any Network”.
  • Kemudian isi kolom yang telah tersedia sesuai jenis ponsel yang digunakan.
  • Selanjutnya isi data diri yang diminta oleh laman tersebut.
  • Lalu klik “Unlock for Any SIM Card”.
  • Berikutnya, pengguna diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu agar proses ini bisa berjalan.
  • Jika sudah melakukan pembayaran, tunggu pihak laman tersebut untuk melakukan proses perbaikan.
  • Proses tersebut bisa berlangsung paling lama sekitar 3 hari. Jika lebih dari 3 hari belum iCloud belum bisa dibuka, hubungi kembali laman tersebut.

Kedua cara membuka iCloud yang lupa password dan email di atas termasuk mudah untuk dilakukan siapapun, terutama pemula. Tentu cara yang telah dijelaskan mempunyai porsi yang berbeda. Pengguna bisa memilih cara yang terbaik dan tercepat agar iCloud pada ponsel bisa terbuka kembali mengingat pentingnya fungsi iCloud.