cara mengatasi codec video tidak didukung di android
cara mengatasi codec video tidak didukung di android

Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android

Menonton video melalui ponsel pintar memanglah sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Akan tetapi tidak jarang juga pengguna mengalami kendala saat memutar video tersebut. Seperti muncul pemberitahuan “Video tidak didukung”. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Berikut ini cara mengatasi codec video tidak didukung di Android beserta penyebabnya:

Penyebab Video Tidak Didukung di Ponsel Android

Pada dasarnya, video yang tidak bisa diputar di android disebabkan oleh codec dan kontainer video yang terjadi perbedaan proses. Ini menyebabkan container yang dimiliki video tidak dapat diputar di video player android pengguna. Atau terjadi masalah dalam pemutaran seperti tidak ada suara yang keluar dll.

Codec adalah singkatan dari Code Decoder atau bisa juga disebut dengan Compress Decompress. Dalam hal ini data dari file video hasil telah berubah menjadi bentuk lain yang disebut compress. Kemudian decompress merupakan keadaan ketika data video dicoba dikembalikan kembali ke bentuk aslinya.

Sedangkan container merupakan sebuah format file atau ekstensi yang dimiliki oleh setiap file yang telah dibuat. Format file untuk video contohnya seperti 3gp, mp4, mkv dan lain sebagainya. Setiap container memiliki codec untuk menyesuaikan sebuah file atau video agar dapat digunakan dengan baik.

Itulah kenapa codec memiliki peran yang sangat penting dalam membuat proses sebuah file atau video agar dapat pengguna nikmati dengan baik. Proses penyusunan video dan audio agar video bisa diputar terdapat didalam codec. Oleh karena itu, codec dan kontainer harus memiliki proses yang sama.

Lainnya :   Kenali Penyebab Laptop Overheat dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android

Setelah mengetahui penyebab dari video tidak dapat diputar di HP Android, tentunya pengguna harus mengetahui juga cara untuk mengatasinya. Terdapat banyak cara mengatasi codec video tidak didukung di Android. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Menginstall VLC Video Player

Cara mengatasi codec video tidak didukung di Android yang paling mudah adalah dengan menginstall video player lain seperti VLC Video Player. VLC dapat memutar format file video seperti MOV, WMV, MKV, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat memperbaiki masalah codec video tidak didukung dengan cepat.

2. Menginstall MX Player

Selain VLC, pengguna juga dapat menginstall MX Player. Aplikasi ini juga hampir sama dengan VLC karena mendukung sebagian besar format video. Video Player ini memiliki dukungan subtitle dan berbagai fitur untuk berbagi musik, file, aplikasi dan lain sebagainya hanya dengan sekali klik.

3. Mengkonversi Video di Android

Selanjutnya pengguna juga dapat mencoba untuk mengkonversi video terlebih dahulu. Video dengan format yang tidak didukung biasanya menjadi penyebab video tidak bisa diputar. Pengguna dapat menggunakan aplikasi konversi video seperti Video Converter atau Full Video Converter untuk Android.

4. Mengkonversi Video di PC / Laptop

Mengkonversi video juga tidak hanya dapat dilakukan di ponsel Android, tapi juga dapat dilakukan di PC/ laptop. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengkonversi video di PC / laptop. Salah satunya  yang sudah banyak digunakan adalah aplikasi VLC Media Player versi desktop atau windows.

5. Memperbarui Versi Android

Cara terakhir adalah dengan memperbarui versi Android pengguna. Karena mungkin saja dari versi Android yang lamalah yang tidak mendukung video untuk dapat diputar. Mempunyai versi Android terbaru adalah suatu cara pasti untuk menyelesaikan masalah codec video tidak didukung.

Lainnya :   Ini Cara Membuka Chat WA Yang Sudah Dihapus Dengan Mudah

Itulah beberapa cara mengatasi codec video tidak didukung di Android lengkap beserta penyebab permasalahannya. Jika semua cara di atas masih belum bisa membuat video dapat diputar, maka ada kemungkinan masalah terjadi pada perangkat pengguna. Untuk itu, segera service perangkat pengguna.