cara kompres video di android tanpa aplikasi
cara kompres video di android tanpa aplikasi

4 Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi Yang Bisa Dicoba!

Video menjadi bagian penting dalam dokumentasi. Diabadikan untuk mengenang momen terbaik di hidup seseorang. Namun, bagaimana cara kompres video di android tanpa aplikasi? Apalagi jika ada beban tugas yang harus dikerjakan, tapi memori android tidak memungkinkan mengunduh aplikasi. Maka cara kompres video hanya berbekal android tanpa aplikasi adalah solusinya. Inilah 4 caranya:

1. Kompres dengan KeepVid.com

Cara pertama yang bisa dijadikan opsi adalah mengompresnya dengan situs online. Situs itu berdomain com yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Alamat linknya adalah keepvid.com. Situs tersebut sebagai alat untuk membantu video terkompres tanpa adanya aplikasi lain.

Langkah cara yang perlu diikuti dengan baik yaitu membuka jendela alamat di tab baru mesin pencarian seperti google, chrome, atau browser. Sebelumnya pastikan video yang akan dikompres ada di penyimpanan android baik internal maupun eksternal.

Setelah itu, situs tadi terbuka dan tekan ikon seperti tanda tambah (+). Pilih video yang akan dikompres. Tunggu beberapa saat sehingga video terupload sehingga kualitas video bisa diatur. Pengaturan itu melalui menu output quality menyesuaikan keinginan.

Sementara itu, saat akan mengatur resolusi dan format hasil output kompresnya bisa menggunakan menu setting. Atur dan pilihlah menyesuaikan kebutuhan. Selepasnya, jika sudah diatur sedemikian rupa, baru tekan compress now. Tunggu sampai selesai dikompres.

2. Manfaatkan Situs Youcompress.com

Sama halnya keepvid.com, cara kompres video di android tanpa aplikasi yang kedua adalah menggunakan situs youcompress.com. Persamaannya adalah sama-sama menggunakan situs online berbasis website untuk mengompresnya. Bedanya hanya alamat link dan prosesnya saja.

Lainnya :   7 Aplikasi Canggih Android yang Tidak Ada di PlayStore Terbaik

Situs ini memiliki banyak kelebihan karena hasil kompresnya tidak memakan banyak memori, bisa dilakukan secara gratis. Selain itu tidak membutuhkan banyak tempat untuk mengunduh aplikasi lain dan hasilnya tidak ada watermark jadi masih seperti aslinya.

Langkah caranya adalah android dalam keadaan online karena meskipun gratis tetap dikenakan kuota atau wifi. Ketikkan atau copast situs youcompress.com di chrome atau platform lainnya. Setelah terbuka penuh, maka klik select file dan pilihlah video yang akan dikompres.

Maka video akan mengupload dan terkompres secara otomatis. Tunggu sampai proses selesai dan jangan tutup perambannya sampai videonya berhasil dikompres. Berbeda dengan keepvid.com, situs your compress akan mengatur otomatis di websitenya. Namun cenderung akan menampilkan resolusi tinggi dengan memori rendah.

3. Gunakan Situs Free Convert Video Compressor

Mengkompres video tanpa aplikasi selanjutnya bisa memilih opsi situs di free convert video compressor. Saat sudah pernah mencoba dua cara di atas tidak ada salahnya mencobanya dengan cara ketiga ini. Didalamnya menyajikan banyak fitur menarik.

Diantara macam fitur yang disediakan adalah adanya setting lanjutan, gunanya agar video bisa dimampatkan sampai dengan 60% dari awal ukurannya. Langkahnya yang cukup simpel, hanya dengan pilih file lalu kompres dan mengunduh hasil kompresnya.

Menariknya lagi bisa diatur kualitas videonya menggunakan CRF dan juga Preset. Melalui setting lanjutan bisa memilih metode apa saat kompres, ukuran dalam basis persen untuk mencapai target.

Jadi, selain mengompres video, situs itu juga mendukung berbagai format video seperti MpEG, AVI, MOV, dan 3GP. Dalam berbagai format apapun pada hasilnya nanti akan mengurangi ukuran video sampai dengan 60 persen.

4. Kompres Dengan Screw Compressor

Berbagai macam situs pengompres video laris saat sedang dibutuhkan. Apalagi media yang digunakan mengirim tidak support jika ukurannya besar. Secara otomatis akan mencari tahu, nah sekarang ini bisa dicoba dengan menggunakan screw compressor.

Lainnya :   5 Cara Kompres Video Di Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Cepat

Tanpa aplikasi video berhasil dikecilkan dan manfaatnya tidak harus mengekspor menjadi video baru belum tentu berhasil sebab jika ukurannya masih besar. Sudah mengedit ulang tetapi belum berhasil. Maka cara dengan situs screw compressor bisa memudahkannya.

Sama halnya dengan free convert compressor, cara ini bisa mendukung format jenis MKV, MOV, AMV, MPEG, dan lain-lain. Salah satu tujuannya agar memudahkan mengirim ke berbagai media sosial atau memenuhi kebutuhan pengguna.

Alasannya, di berbagai macam sosial media hanya membatasi ukuran video. Jika terlalu besar maka otomatis video tidak akan bisa dibuka dan dikirimkan melalui format document, meskipun bisa dikirim tetapi tidak langsung otomatis terbuka.

Sementara empat cara kompres video di android tanpa aplikasi. Berbagai macam situs website yang bisa dicoba mulai dari keepvid.com, you compress.ckm, free convert compressor, dan screw converter. Pilihlah sesuai kebutuhan dan kemantapan.