cara mengatasi akun facebook dinonaktifkan
cara mengatasi akun facebook dinonaktifkan

Cara Mengatasi Akun Facebook Dinonaktifkan Dengan Mudah

Sebagai platform media sosial yang memiliki banyak member aktif, Facebook tentu menentukan batasan sensitivitas sebuah konten. Batas ini dibuat untuk berfungsi sebagai garis konten yang diperbolehkan di Facebook. Apabila sebuah akun melewati batasan tersebut, maka cara mengatasi akun Facebook dinonaktifkan akan digunakan karena pasti akun terkena nonaktif mode.

Nonaktif mode adalah langkah yang digunakan oleh pihak Facebook untuk membatasi akun spam agar tidak dapat beraktivitas di Facebook lagi. Perlu waktu untuk mengembalikan akun Facebook yang terkena nonaktif mode. Namun, waktu bukan masalah. Ikuti langkah di bawah ini untuk memulihkan akun yang terkena nonaktif oleh pihak Facebook:

Langkah Memulihkan Akun yang Dinonaktifkan

Sebelum mengikuti langkah per langkah cara mengatasi akun Facebook dinonaktifkan, ada baiknya jika beberapa dokumen ini disiapkan terlebih dahulu. Dokumen tersebut berupa kartu tanda pengenal, boleh berbentuk KTP, Paspor, SIM, dan sebagainya. Tujuannya untuk memberikan identitas pada Facebook sehingga tidak lagi disangka akun spam. Setelah itu, mari ikuti langkah berikut:

1. Akses Halaman Bernama My Personal Account Was Disabled

Langkah paling awal adalah akses browser internet yang ada di perangkat. Boleh jenis apa saja. Setelah itu, ketik account disabled Facebook pada kotak pencarian. Hasil akan keluar beberapa saat setelahnya. Biasanya, pada list paling atas, website account disabled milik Facebook akan muncul. Tekan website tersebut untuk menuju langkah berikutnya.

Lainnya :   Inilah 7 Aplikasi Al Quran Untuk Laptop Gratis dan Terbaik

2. Daftarkan Email atau Nomor Ponsel

Lanjut pada langkah berikutnya. Pada halaman awal website tersebut, ada sebuah kolom yang disediakan pihak Facebook. Kolom tersebut untuk diisikan identitas akun berupa email atau nomor ponsel yang digunakan untuk akun. Isilah kotak tersebut. Pastikan semua huruf atau angka diisi benar, agar tidak ada kesalahan pengenalan akun.

3. Ketikkan Nama Akun yang Dinonaktifkan

Setelah selesai mengisikan formulir email atau nomor ponsel, Facebook juga akan meminta mengisi formulir nama akun. Tuliskan nama akun yang dinonaktifkan tersebut. Kemudian, halaman akan dibawa pada instruksi selanjutnya di mana pemilik akun harus memasukkan identitas dari dokumen tadi. Identitas hanya berupa nama, kewarganegaraan, alamat, dan lain lain.

4. Unggah Foto Dokumen Identitas

Banyak pemilik akun lain yang tidak ingin melakukan langkah ini. Mengunggah foto dokumen dianggap merusak privasi. Padahal, informasi yang sekiranya dianggap rahasia bisa ditutupi sebelum dikirim. Poin pentingnya adalah gambar dokumen tersebut dan foto pemilik akun. Apabila informasi lainnya tidak ingin dibocorkan, pemilik akun bisa menutupinya.

5. Selesaikan Proses dengan Cara Mengirim Data

Setelah selesai mengunggah foto tadi, kini seluruh langkah mengembalikan akun sudah hampir selesai. Sisanya tinggal menekan tombol kirim dan biarkan pihak Facebook mengurus sisanya. Pemilik akun akan diberi kabar secepat mungkin melalui email tentang kapan akun bisa dibuka kembali. Itu mungkin akan memakan waktu selama beberapa hari untuk mengirim email.

Ini Penyebab Mengapa Akun Facebook Dinonaktifkan

Tidak cukup rasanya jika hanya mengetahui langkah cara mengatasi akun Facebook dinonaktifkan, pemilik akun juga harus mengetahui penyebab akun dinonaktifkan. Tujuannya agar pemilik akun tidak lagi melakukan hal yang dilarang oleh Facebook sehingga akun tidak akan terkena nonaktif mode kembali. Inilah daftar hal yang harus dihindari sebagai penyebab akun dinonaktifkan:

  • Menyamar menggunakan identitas orang lain, jelas saja ini melanggar batas privasi dari seseorang. Mengambil identitas orang lain merupakan sebuah kejahatan. Jadi, wajar jika Facebook mematikan akun. Sebaiknya jangan lakukan hal ini.
  • Mengirim banyak link dalam satu waktu, ini berlaku untuk jenis link apa pun. Mengirim banyak link dalam waktu yang bersamaan dapat dicurigai Facebook sebagai akun spam. Berikan jeda waktu setiap kali mengirim sebuah link ke dalam beberapa grup.
  • Publikasi konten yang berisi unsur SARA dan unsur dewasa, hal ini tentu merupakan sebuah pelanggaran. Facebook adalah platform umum dimana semua orang bisa mengakses. Konten SARA dan pornografi bisa membuat orang lain tidak nyaman. Akun Facebook bisa dilaporkan dan dinonaktifkan segera apabila tertangkap mempublikasi hal seperti ini.
  • Menambahkan status dan komentar yang melanggar batas, Facebook memiliki aturan sendiri yang mana harus diikuti oleh membernya. Menambahkan status atau komentar buruk dapat dikenali oleh Facebook dan akun berakibat dinonaktifkan. Tetap jaga etika saat bermain media sosial, khususnya Facebook.
Lainnya :   Cara Membuka File Rar di Android Memanfaatkan Aplikasi RAR

Meskipun pengguna Facebook kini telah paham bagaimana cara mengatasi akun Facebook dinonaktifkan, jangan abai dengan peraturan Facebook. Peraturan dibuat untuk dipatuhi guna menjaga kenyamanan bersama. Cobalah sebijak mungkin dalam menggunakan Facebook agar mendapatkan kenyamanan, selain itu akun juga tidak akan dinonaktifkan oleh pihak Facebook.