cara cek hdd laptop
cara cek hdd laptop

5 Cara Cek HDD Laptop Menggunakan Tool Bawaan dan Aplikasi

Penggunaan laptop yang salah memang berakibat pada rusaknya komponen pada laptop. Butuh perawatan secara berkala baik software maupun hardware laptop seperti hard disk atau HDD. Komponen ini terbilang sangat penting karena sebagai tempat menyimpan berbagai bentuk data. Cara cek HDD laptop dan komputer pun tidak jauh berbeda untuk mengetahui sehat tidaknya piranti tersebut.

Kualitas HDD tiap merk tidaklah sama. Masa pakainya juga tergantung dari bagaimana penggunaan laptop selama ini. Mengecek HDD laptop bisa membantu pengguna melihat kualitasnya. Baik melalui tools pabrikan atau aplikasi pihak ketiga seperti berikut:

1. Menggunakan Tool Windows CHKDSK

Apabila ingin mengecek HDD laptop tanpa aplikasi bisa menggunakan tool ini. Tool yang merupakan bawaan windows bisa langsung digunakan karena nantinya akan langsung memindai HDD untuk menemukan apakah ada kesalahan sistem. Tidak hanya itu, tool CHKDSK juga bisa mendeteksi adanya bad sector. Cara cek HDD laptop dengan tool bawaan Windows memang lebih mudah karena memiliki fitur perbaikan langsung.

Pengguna bisa klik kanan pada HDD yang ingin dipindai, pilih properties. Jika tab muncul, pilih opsi pengecekan HDD  dan klik pilihan check. Tunggu ketika proses pengecekan berlangsung.apabila HDD terbilang aman, maka akan notifikasi di layar bahwa pengguna tidak perlu melakukan pengecekan.

2. Memanfaatkan Tools Pabrikan HDD

Pabrikan HDD menyediakan tools khusus untuk mengecek kualitas dan kesehatan HDD laptop. Sebelumnya, pengguna harus mencari tahu produsen HDD yang digunakan dengan cara mengeceknya di device manager, pilih disk drives dan simbol berbentuk segitiga kemudian catat model HDD tersebut.

Lainnya :   MusicallyDown Solusi Download Video dan Mp3 TikTok

Setelah berhasil ditemukan, kunjungi website resmi pabrikan tersebut. Pengguna bisa langsung mengunduh tools yang disediakan pada website mereka. Setiap pabrikan tentu memiliki tools dengan fungsi berbeda. Namun, fitur yang ditawarkan tetaplah sama yaitu dengan mendiagnostik kesehatan HDD.

3. Mengakses Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua cara cek HDD laptop dirasa sulit, pengguna bisa memilih aplikasi pihak ketiga. Tools ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai HDD laptop beserta statusnya. Ada fitur SMART yang mirip dengan WMIC. Salah satu aplikasinya adalah CrystalDiskInfo.

Tools ini gratis dan bisa mengecek suhu, fitur HDD, jenis hingga status aman tidaknya HDD laptop. Jika sudah berhasil mengunduh dan menginstalnya, tunggu beberapa saat ketika aplikasi sedang berjalan. Pilih custom installer karena tool di dalamnya mengandung iklan.

4. Mengecek Melalui System Information

Tidak hanya digunakan untuk melihat kapasitas HDD. Tetapi, system information pada laptop bisa digunakan untuk melihat informasi tentang RAM, versi BIOS hingga CPU. Tools ini terbilang lebih lengkap karena mencakup tentang sistem perangkat.

Cara cek HDD laptop melalui system information adalah dengan klik start dan ketikkan system information pada kolom. Klik components, pilih storage dan disks. Jika ingin melihat ukuran HDD, pilih menu size.

5. Memakai Hard Disk Sentinel

Selain CrystalDiskInfo, pengguna bisa menggunakan Hardisk Sentinel. Aplikasi ini mampu memperbaiki komponen yang rusak. Unduh dan install pada laptop, apakah installer atau portable, pengguna bisa bebas memilihnya. Buka aplikasi dan temukan berbagai jenis informasi mengenai HDD laptop. Misalnya saja seperti temperatur, performance hingga kapasitas HDD.

Entah menggunakan aplikasi atau tools bawaan Windows, cara cek HDD laptop tidak membutuhkan waktu lama. Pengguna hanya tinggal menunggu proses yang sedang berjalan. Tools akan memeriksa kesehatan HDD apakah terjadi kendala atau tidak. Jika komponen HDD laptop rusak, maka tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya. Tentunya pengecekan berkala begitu dibutuhkan dalam hal ini.

Lainnya :   Rekomendasi Aplikasi Edit Video Para YouTubers Pemula Gratis