cara cek touch screen xiaomi
cara cek touch screen xiaomi

Ketahui Cara Cek Touch Screen Xiaomi dan Ciri Kerusakannya

Bukan rahasia lagi jika kini ponsel menjadi salah satu barang yang tak pernah tertinggal. Kecanggihan ponsel terus berkembang hingga semakin banyak jenis atau merk ponsel yang tercipta di dunia. Di Indonesia, Xiaomi menjadi salah satu ponsel pintar yang diminati masyarakat, sehingga tak jarang informasi tentang cara cek touch screen Xiaomi pun dicari penggunanya.

Kendala saat mengoperasikan ponsel merupakan hal yang sangat biasa dan beberapa hambatan tersebut bisa diperbaiki dengan mudah. Namun, kadang ada juga kendala yang bisa berujung pada kerusakan hingga ponsel tidak bisa digunakan lagi. Salah satu keluhan pengguna adalah bermasalahnya layar atau touchscreen ponsel. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa informasi tentang cara melakukan pengecekan dan ciri kerusakan:

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi dengan Mudah dan Cepat

Cara cek touch screen Xiaomi harus diketahui oleh penggunanya karena masalah yang satu ini kerap terjadi. Meski kerusakan yang terjadi bisa dari berbagai macam penyebab, mengetahui beberapa cara di bawah ini membuat pengguna bisa lebih memahami ponsel yang dimiliki. Berikut diantaranya:

1. Menggunakan Kode Khusus

Pengguna bisa melakukan pengecekan dengan kode khusus yang bisa digunakan untuk semua tipe Xiaomi. Cara ini sangat mudah karena pengguna hanya perlu memasukkan kode pada menu panggilan. Kode yang harus dimasukkan adalah *#*#64663#*#*. Setelah itu akan muncul menu dan pengguna bisa langsung memilih menu untuk tes layar.

Pada kode khusus ini juga tersedia menu untuk mengetahui sensitivitas layar dengan memilih Touch Sensor. Setelah itu, pengguna bisa langsung mengikuti langkah selanjutnya untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Lainnya :   Cara Mengatasi Smartwatch Tidak Bisa di Charge Terbaru 2022

2. Menggunakan Aplikasi

Saat ini banyak tersedia aplikasi cek layar yang bisa diunduh dan digunakan dengan gratis. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk ponsel Xiaomi antara lain:

  • Display Tester. Tes yang dilakukan pada aplikasi ini cukup beragam dan salah satunya sangat sederhana yaitu dengan menampilkan beberapa gambar dengan warna tertentu.
  • Touchscreen Test. Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, Touchscreen Test ini juga menyediakan beragam metode untuk melakukan pengecekan layar.
  • Fix Dead Pixels. Tak hanya melakukan pengecekan, aplikasi ini juga bisa mengembalikan fungsi layar dengan beberapa tahapan.

Ciri Kerusakan Layar atau Touch Screen

Kerusakan layar pada ponsel tidak selalu berujung pada perbaikan atau servis. Terdapat beberapa hambatan yang mungkin bisa diperbaiki sendiri. Berikut beberapa ciri-ciri kerusakan layar pada ponsel:

1. Tidak Ada Respon Saat Disentuh

Salah satu kendala saat menggunakan ponsel yang kerap membuat penggunanya bingung adalah layar tidak memberikan respon saat disentuh. Hal tersebut bisa terjadi pada sebagian atau seluruh layar ponsel. Jika mengalami kendala tersebut, pengguna bisa melakukan pengecekan sendiri terlebih dulu.

2. Muncul Garis

Sama dengan masalah sebelumnya, garis yang muncul pada layar bisa terjadi pada sebagian atau seluruh layar. Beberapa penyebab garis muncul pada layar bisa karena ponsel terendam air, jatuh dari ketinggian, baterai terlalu panas, atau yang lainnya.

3. Retak

Retak menjadi kerusakan layar ponsel yang paling sering terjadi dan penyebab utamanya adalah terjatuh atau terbanting. Setelah mengetahui hal ini terjadi, ada baiknya pengguna segera membawanya ke jasa servis agar tidak semakin parah.

4. Muncul Titik Hitam

Penyebab munculnya titik hitam pada layar bisa terjadi karena air dan titik hitam tersebut tidak terlalu mengganggu jika berukuran kecil. Namun, pengguna harus waspada karena titik hitam tersebut bisa saja melebar hingga membuat ponsel rusak.

Lainnya :   5 Cara Cek HDD Laptop Menggunakan Tool Bawaan dan Aplikasi

Itulah beberapa informasi tentang cara cek touch screen Xiaomi dan ciri kerusakannya. Setelah membaca informasi tersebut, pengguna bisa lebih bisa memahami ponsel dan berhati-hati saat menggunakannya. Jika cara-cara yang sudah disebutkan tidak bisa memperbaiki kerusakan, pengguna bisa berkonsultasi dengan orang yang memiliki keahlian pada bidang tersebut.